Thursday, 14 September 2017

Travelling Bareng Si Kecil



Selamat pagi semuanya!
Travelling merupakan acara yang sangat menyenangkan buat aku, suka banget deh sama yang namanya pergi keluar kota, bisa refreshing, nyobain makanan baru, suasana baru, pengalaman baru.
Kali ini aku mau berbagi pengalaman saat bepergian keluar kota bersama si kecil. Kebetulan aku punya 2 balita, kebayang kan rempongnya kalau pergi jalan-jalan bawa 2 anak kecil hehehe.

Kalau aku paling asyik  jalan-jalan keluar kota bareng anak-anak itu pakai kendaraan sendiri.
Alasannya :
1.Jalan-jalan bareng anak-anak itu, bawaaannya ekstra, lebih banyak daripada kita jalan sendiri atau berdua suami, jadi bebas bawa barang banyak.
2. Lebih santai, karena kita bisa berhenti kapan saja dan dimana saja, karena kadang anak-anak suka bosan kalau terlalu lama di mobil.
3. Anak-anak bisa bermain dan istirahat lebih nyaman di dalam kendaraan pribadi.



Beberapa barang yang wajib kita bawa , akan aku rangkum sebagai berikut
sumber : google

1. Pakaian
Sebelum menyiapkan pakaian, kita harus menghitung dulu lama perjalanan dan berapa lama kita berlibur, diwajibkan membawa pakaian lebih karena anak balita sering kotor bajunya terkena noda.
Siapkan juga baju hangat atau jacket untuk jaga-jaga kalau cuaca dingin dan jangan lupa topi,kaos kaki, sepatu/sandal.


sumber : google

2. Makanan dan Perlengkapan Makan
Untuk travelling, wajib membawa makanan kesukaan anak/balita, seperti biskuit, boleh juga membawa makanan instant dan jangan lupa buah-buahan.
Untuk menunjang pemberian makanan , bawa juga sendok, piring/mangkok plastik dan juga botol susu, jangan lupa juga air mineral dan juga air masak yang panas atau hangat, untuk membuat makanan atau susu selama perjalanan.
Susu formula bagi anak/balita yang sudah mengonsumsi susu formula jangan sampai ketinggalan juga ya.


sumber: google

3. Perlengkapan Mandi 
Kalau aku membawa sabun dan shampo 2 in 1 dalam ukuran botol kecil, disesuaikan dengan lamanya liburan. Handuk, washlap, dan kalau mempunyai bak portable yang bisa ditiup bisa juga dibawa, kalau ngga punya, misalnya menginap di hotel, aku kadang memanfaatkan washtafel sebagai bak, atau bisa juga pakai shower saja.
Jangan lupa juga membawa perlengkapan setelah mandi, misalnya bedak, minyak telon/minyak kayu putih, baby oil, baby lotion, sisir.

4. Obat-obatan
Minyak telon atau minyak kayu putih juga termasuk obat-obatan, dan jangan sampai lupa selalu membawa obat penurun panas yang biasa dikonsumsi anak kita, temometer dan kompres demam juga boleh dibawa.
Untuk berjaga-jaga boleh juga membawa obat pilek atau batuk.


sumber: google

5. Mainan
Hal yang kadang terlupakan adalah mainan, mainan ini penting sekali kita bawa agar anak/balita tidak merasa jenuh dalam perjalanan
Bawalah mainan beberapa buah, yang menjadi favorit mereka.

6. Perlengkapan Lain
Perlengkapan lain yang tidak kalah penting, diapers , bawalah sesuai keperluan disarankan membawa lebih . Tissue basah, tissue kering, dan juga kantong keresek untuk membuang diapers bekas atau untuk memisahkan pakaian kotor.


Selain membawa koper besar yang kita letakkan di bagasi, biasanya ada juga tas yang lebih kecil berisi barang-barang yang diperlukan saat perjalanan, dan disimpannya tidak di dalam bagasi, tetapi di dalam mobil, isinya , pakaian ganti 1-2 stel tergantung berapa lama perjalanannya, diapers beberapa biji, obat-obatan, jangan lupa juga sediakan tissue basah, tissue kering, bantal, selimut, mainan, dan juga cemilan.

Selain beberapa barang yang wajib dibawa di atas, perhatikan juga waktu liburannya ya, misalnya jangan terlalu lama membawa si kecil di tempat terbuka dengan udara panas/terik, biasanya si kecil terutama balita rentan untuk masuk angin yang bisa menyebabkan demam.
Perhatikan juga asupan makanan si kecil, jangan sampai waktu makannya tidak diperhatikan,apabila selama liburan tidak menemukan makanan yang pas, kita sudah sedia makanan dari rumah, dan jangan sampai lupa beri buah-buahan ,alternatif buah yang gampang ditemukan adalah pisang.

Pokoknya kita sebagai ibu memang harus siap rempong sih kalau jalan-jalan atau travelling membawa si kecil. Tapi bagi aku kerempongannya sangat menyenangkan , soalnya kita bisa selalu bareng si kecil.
Buat yang mau liburan bareng si kecil , persiapkan dengan matang ya, apa saja barang-barang yang perlu dibawa.
Have fun!


Terima kasih sudah mampir yaaa.
























15 comments:

  1. Pokoknya kalau udah bawa bocah, traveling rasa pindahan deh hehehe
    Mau gimana lagi, kalau tiba2 yang dibutuhkan gak kebawa, yang ada kitanya bingung sendiri to

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba, kadang yg ga diperlukan ya kebawa juga hehehe.

      Delete
  2. Klo travelling bareng anak2 yg mah kecil2 mmg harus extra ya bawaannya. Smp2 bak mandi pun dibawa hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba suka bingung mandiin nya dmn ya hahaha

      Delete
  3. Iya, jd inget wkt anak2 kecilan dulu heboh bgt kl jalan2, jg mst antsipasi kl mereka rewel. Jd mst bw mainan, krayon, dll. hheheheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba betul ,ini aku masih punya 2 balita , rempong kalo pergi2

      Delete
  4. Aku masih ingat rempongnya bawa balita traveling. Usia 15 bulan udah diajakin ke Pulau Bali. Makan nasi kucing, hahaahaa. Dari pada nunggu kelamaan dan kelpaaran di penyeberangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba yg penting nasinya ngga keras ya

      Delete
  5. Lebih rempong ya jalan2 sm balita tp seru...

    ReplyDelete
  6. Jalan ama si kecil emang butuh persiapan khusus..meski jaraknya dkat..apalagi jauh.. Biar si ekcil dan kita juga nyaman ya mak selama perjalanan

    ReplyDelete
  7. Wah asyiknya berlibur sama si kecil. Apalagi kalau sdh tau apa yang harus dipersiapkan ya :)

    ReplyDelete
  8. Liburan sama si kecil itu perasaan mau bawa lemarinya sekalian saking banyak yang harus dibawa hahahaa.

    ReplyDelete