Wednesday, 30 May 2018

Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Pada Anak



Buat ibu-ibu yang mempunyai balita , apalagi yang dasarnya kurang suka dengan binatang pasti males banget ya kalau punya binatang peliharaan, belum repot ngurusin si kecil , harus pula ngurus binatang peliharaan yang ngurusnya lumayan repot juga.

Sebenarnya ada beberapa jenis binatang peliharaan yang ngga terlalu repot ngurusnya, seperti kura-kura kecil, atau ikan kecil.
Kalau yang mempunyai lahan cukup , bisa juga memelihara ayam, ayam temasuk salah satu jenis unggas yang gampang dipelihara loo.
Kalau yang suka kucing atau anjing bisa juga memelihara anjing atau kucing, tapi harus benar-benar diperhatikan kebersihannya dan asupan makanannya. Terutama untuk kucing , yang berbahaya itu sebenarnya adalah kotorannya, jadi harus siap untuk rajin bersihin kotorannya, juga untuk yang memelihara anjing atau kucing, harus rajin memandikan dan menjaga kebersihan binatang peliharaannya, seperti membersihkan kuping atau memotong kukunya, biasanya kalau yang tidak bisa mengerjakan sendiri, banyak kok jasa grooming untuk kucing dan anjing, yang bisa juga dipanggil ke rumah. O iya dan yang paling penting jangan lupa untuk di vaksinasi atau dibawa minimal 6 bulan sekali ke dokter hewan untuik diperiksa kesehatannya.

Sekedar info, untuk vaksinasi binatang peliharaan , seperti kucing dan anjing , bisa dilakukan di Puskeswan ( Pusat Kesehatan Hewan ) dan biasanya sama sekali tidak dipungut biaya, untuk hewan yang sakit juga apabila dibawa ke Puskeswan biayanya tidak terlalu mahal.

Sebenarnya apa saja sih manfaat bagi anak-anak apabila kita mempunyai hewan peliharaan ?


1. Mengajarkan anak rasa tanggung jawab dan kasih sayang.
Memberi makan hewan peliharaan biasanya akan dilakukan oleh kita ( ibu) atau ayah,contohnya kucing biasanya kita memperlakukan hewan peliharaan dengan lembut , dibelai , disayang, dielus-elus kepalanya , perlakuan kita kepada hewan peliharaan otomatis akan dilihat oleh anak , dan mereka secara tidak langsung akan menyerap perilaku yang kita contohkan, dengan melibatkan anak dalam kegiatan itu, mereka akan belajar bahwa hewan juga sama seperti manusisa, membutuhkan makanan dan kasih sayang.

2. Membuat anak menjadi lebih aktif.
Jaman sekarang , kebanyakan anak-anak sudah akrab sekali dengan yang namanya gadget bahkan dari umur mereka dibawah 1 tahun banyak sekali yang sudah bisa bermain gadget. Miris yaa.
Dengan memiliki hewan peliharaan ibu dan anak bisa memiliki kegiatan lain bersama-sama, bisa memberi makan , atau bermain-main dengan kucing misalnya, atau kalau yang memiliki anjing, bisa juga jalan-jalan sore sambil membawa doggy.
Kalau yang memiliki kura-kura kecil , bisa juga kita ajak si kecil untuk membersihkan wadahnya lalu memberi makan kura-kuranya, pasti anak-anak akan senang sekali.

3. Mencegah Alergi.
Loh kok bisa? Sebagian orang beranggapan justru hewan peliharaan malah akan menimbulkan alergi pada anak, dari bulu-bulu mereka.
Namun menurut seorang dokter anak dan ahli bagian alergi dan imunologi dari Medical College of Georgia, menyebutkan bahwa memelihara hewan benar-benar akan mengurangi resiko terhadap alergi, karena ketika seorang anak bermain dengan anjing atau kucing biasanya hewan akan menjilat, aktifitas menjilat ini diyakini mampu mentransfer bakteri yang hidup di  ulut hewan sehingga paparan bakteri tersebut dapat mengubah ssitem kekebalan tubuh anak menjadi siap menghadapi alergi lainnya.


4. Belajar mengelola emosi dan kepedulian sosial.
Anak akan belajar mengelola emosi, belajar peduli dan juga empati, itu sebabnya hewan peliharaan sering digunakan oleh therapist untuk melakukan therapy pada beberapa anak berkebutuhan khusus.

Nah itu tadi beberapa manfaat bagi anak dari  memiliki hewan peliharaan, semoga bermanfaat ya ibu-ibu, jangan takut untuk memulai memelihara hewan, bisa dicoba dengan yang mudah-mudah saja terlebih dahulu yaa.




daftar pustaka :
asianparent.com
tipsperawatancantik.com





Tulisan ini merupakan post respon dari grup #KEBloggingCollab Butet Manurung terhadap tulisan Mak Merry Meirida di website KEB Tentang Melatih Anak yang Kidal .
Mak Merry merupakan pemilik blog http://www.meirida.my.id






terima kasih, 





4 comments:

  1. Anak saya sejak memiliki peliharaan kucing juga menjadi lebih tenang dan lebih fokus kalau di ajak bicara. Sebelumnya sangat super aktif dan sulit di ajak bicara. Hewan peliharaan memang penting untuk melatih emosi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali bun , banyak manfaatnya ternyata

      Delete
  2. Seru ya. Anak-anak jadi belajar konsep bertanggung-jawab.
    Salam sore dari Lombok ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Bun , terima kasih Bun Muslifa

      Delete